Minggu, 23 Oktober 2016

Jenis jenis ikan gurami

jenis jenis gurami yang telah lama di kenal hanya 2 jenis, yaitu gurami soang (angsa) dan gurami jepun (jepang). Namun saat ini terdapat beberapa strain gurami baru. Ada dugaan bahwa strain strain gurami baru tersebut merupakan keturunan atau perkawinan silang dari gurami soang dan gurami jepun yang mengalami penyesuaian pada masing-masing daerah.
\
1. Gurami Soang (Angsa)
Gurame soang
Sebutan gurami soang di berikan pada gurami jenis ini karena memiliki 2 dahi yang cukup menonjol baik jantan maupun betina. Sementara cula atau nonong dari dahi tersebut tidak terlihat pada gurami betina jenis gurami lain. Tubuh gurami jantang panjang dan ramping dengan tonjolan dagu yang lebih terlihat daripada gurami soang betina.


Gurami soang termasuk 2 jenis gurami yang di duga asli berasal dari indonesia. gurami jenis soang banyak di temukan di daerah ciamis, tasikmalaya dan daerah sekitarnya di jawa-barat.
Ke unggulan pada gurami soang terlihat dari pertumbuhan yang lebih cepat di banding dengan dua jenis gurami lainya. Dalam waktu satu tahun sejak berupa telur, berat gurami angsa mencapai 700g/ekor. Hal tersebut  di sebabkan gurami jenis soang lebih rakus dalam mengkonsumsi pakan dan memiliki gerakan yang lebih lincah ketika merespon pakan.

Bentuk tubuh gurami soang sedikit tinggi memanjang dan pipih ke samping. Panjang tubuh maximum mencapai 65cm tinggi tubuh 2-21 kali tinggi pada gurami umumnya, dan memiliki berat sebesar 8kg. Pada tubuh gurami soang terdapat garis gurat sisi tunggal yang terlihat dengan jelas. Sisik badanya agak membulat berukuran besar, dan berwarna kecoklatan dengan bintik warna hitam di dasar sirip dada. Gurami soang kecil memiliki sisik berwarna kemerahan, terutama pada bagian ekornya dan terlihat adanya garis vertikal sebanyak 5-12buah dan akan menghilang ketika mulai dewasa.
Produktivitas gurami jenis soang lebih tinggi di banding dengan gurami jenis lain, Gurami soang biasanya sudah bisa menghasilkan bibit mulai 3-5tahun. Jumlah telur yang di hasilkan pun lebih banyak yaitu sekitar 5.000 – 7.000 butir per ekor.

2. Gurami jepun (jepang)
Gurami jepun atau jepang
Varietas gurami jepun ( jepang) juga sudah lama di kenal di indonesia. Gurami ini memiliki ukuran tubuh lebih pendek di banding gurami angsa. Panjang tubuh gurami jepun sekitar 45 CM dengan berat tubuh sekitar 3-4 kg.
Ketika kecil, tubuh gurami jepun berwarna kebiruan dan berubah menjadi hitam atau agak gelap ketika mulai dewasa. Sisik gurami ini juga lebih kecil dari gurami angsa. Produksi telur gurami jepun berkisar 2.000 – 3.000 butir/ ekor.

3. Gurami kapas
Gurame kapas
Gurami kapas memiliki warna tubuh putih keperakan seperti kapas dengan sisik agak besar dan kasar.Berat tubuh gurami kapas dewasa mencapai 1,5 kg per ekor.Dalam waktu satu tahun berat gurami ini mencapai 1.000 g/ekor terhitung sejak telur menetas. Fekunditas telur yang di hasilkan dalam sekali memijah sekitar 3.000 butir per ekor. Gurami jenis ini biasanya banyak di jumpai di daerah magelang jawa-tengah.
4. Gurami bastar
Gurami bastar
Tubuh gurami bastar berwarna agak ke hitaman, sedangkan kepalanya putih polos. dahi kepalanya tidak begitu nonong dan ukuran sisiknya agak besar. meskipun pertumbuhan nya cepat, produksi gurami bastar tidak begitu banyak, yaitu sekitar 2.000 -3.000 butir telur per ekor dalam sekali pemijahan. Varietas gurami jenis bastar dapat di jumpai di daerah jawa barat.

5. Gurami paris
Gurami paris
Tubuh gurami paris berwarna dasar merah cerah. Pada kepalanya gurami paris ini terdapat warna putih, sedangkan pada tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam. Gurami paris memiliki berat maksimal 1,5 kg per ekor. Dalam sekali memijah gurami paris mampu menghasilkan telur sekitar 5.000 – 6.000 butir per ekor.

6. Gurami bluesafir
Gurami bluesafir mempunyai warna tubuh merah muda cerah. Berat tubuh per ekor gurami bluesafir lebih berat dari gurami paris yaitu sekitar 2 kg. Induk betina gurami bluesafir memiliki kemampuan memijah dengan fekunditas  3.000 butir per kg berat induknya.

7. Gurami batu
Gurami batu memiliki warna tubuh agak hitam dan sisik yang lebih kasar. Jenis gurami ini sangat jarang di temui karena pertumbuhanya yang sangat lambat menjadikan petani ikan lebih memilih jenis gurami lain daripada gurami batu.

8. Gurami porselin
Gurami porselin
Gurami porselin memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari tubuhnya. Tubuhnya berwarna merah muda terang, sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna agak keputihan. Kemampuan gurami porselin dalam memijah lebih bayak karena mampu menghasilkan telur sekitar 10.000 butir hanya dengan berat tubuh induk sekitar 1,5 kg sampai 2 kg per ekor.

Berdasarkan jenis-jenis gurami yang saat ini di kembangkan, jenis gurami yang memiliki ke unggulan dalam jumlah benih yang di hasilkan adalah gurami soang (angsa), gurami bluesafir, gurami paris. Hal tersebut di sebabkan jumlah terlur yang di hasilkan ke tiga jenis gurami ini mencapai 5.000 butir. Namun dalam hal pertumbuhan tubuhnya, gurami bastar lebih cepat dalam pertumbuhanya dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Demikian sedikit pengetahuan tentang Jenis jenis gurami yang sudah di kenal di indonesia, jika ada salah kata dalam penulisa maupun hal yang sekiranya kurang pas, sebagai penulis saya mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang perlu di tanyakan.
terimakasih.
Wasalamualaikm wr.wb

di salin dari  www.banyudadi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar